Install web server di linux ubuntu 14.04




Untuk temen-temen yang mungkin sudah menginstal linux ubuntu dan mau bermain-main dengan yang namanya web, tau mau belajar web, langkah yang harus temen-temen lakukan adalah menginstal web server. Web server yang terpopuler saat ini adalah apache. Mari ikuti langkah-langkah berikut.

Instal apache2.
Cara menginstall apache2 sangat mudah, cukup menggunakan terminal, tetapi harus koneksi internet. Buka terminal lalu ketikan "sudo apt-get install apache2" tanpa tanda petik.



                                     
Install php5.
Cara menginstall php5 pun cukup menggunakan terminal. Buka terminal lalu ketikan
"sudo apt-get install php5 libapache2-mod-php5 php5-mcrypt" tanpa tanda petik.



   
Setelah proses install anda masuk ke dir.conf untuk mengubah index.php di bagian awal caranya anda ketikan "sudo nano /etc/apache2/mods-enabled/dir.conf" (tanpa tanda petik).


                             
Jika temen-temen perhatikan gambar diatas, index.php tidak di urutan pertama, nah tugas temen-temen untuk mengubah index.php dibagian depan atau urutan pertama seperti gambar dibawah ini.





Setelah temen-temen pindahkan index.php dibagian awal temen-temen restart apache2nya.
Ketikan pada terminal "sudo service apache2 restart" (tanpa tanda petik).





Langkah selanjutnya agar web server lebih power full temen-temen instal modul php5 dengan cara ketikan perintah berikut di terminal. "apt-cache search php5-" (tanpa tanda petik) dan tunggu prosesnya sampai selesai.




Sekarang kita coba mengecek apakah php5 sudah berjalan atau belum. Cara mengeceknya ketikan perintah berikut di terminal. sudo nano /var/www/html/info.php" ketikan <?php phpinfo.php ?>” (tanpa tanda petik). Jika muncul gambar di bawah ini berati sudah berhasil



Install mysql
Langkah untuk menginstal mysql tidak kalah mudah dengan menginstall apache2 dan menginstall php5. Cukup dengan membuka terminal lalu mengetikan perintah berikut "sudo apt-get install mysql-server libapache2-mod-auth-mysql php5-mysql" (tanpa tanda petik).




Setelah proses instalasi selesai kita memeberitahu akan struktur databasenya dan mysql akan menyimpan informasi tersebut, caranya ketik perintah berikut diterminal. "sudo mysql_install_db" (tanpa tanda petik).




setelah itu kita akan menggunakan script sederhana untuk menhapus default berbahaya dan mengunci akses dalam databases kita dengan cara
"sudo mysql_secure_installation" (tanpa tanda petik)




menggunakan mysql dengan cara mysql -u root -p masukan password

Install phpmyadmin
install phpmyadmin dengan cara "sudo apt-get install phpmyadmin" (tanpa tanda petik)




setelah diinstal tambahkan phpmyadmin ke konfigurasi apache dengan mengetikan
sudo "nano /etc/apache2/apache2.conf" masukan script "Include /etc/phpmyadmin/apache.conf" di bagian paling bawah.




restart apachenya "sudo service apache2 restart" atau "sudo /etc/init.d/apache2 restart

Jika sudah selesai, temen-temen buka browser dan ketikan alamat localhost/phpmyadmin jika muncul seperti gambar berikut berati proses instalasi phpmyadmin temen-temen sempurna.




Sekarang web server temen-temen sudah bisa digunakan, jika temen-temen mau bertanya atau mau menambahkan silahkan komen agar kita bisa berdiskusi. Semoga tutorial diatas membantu. Terimakasih






Sumber
https://www.digitalocean.com/



Post a Comment