YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH INSTAL LINUX UBUNTU 14.04 LTS




Dalam postingan saya sebelumnya telah saya bahas bagaiman cara menginstal linux ubuntu 14.04, sekarang akan saya bahas langkah - langkah yang harus dilakukan setelah instal linux ubuntu 14.04.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek drive, disini dimaksutkan untuk mengecek apakah drive sudah terhubung dengan semua hardware pada komputer atau belum. Tapi salah satu kelebihan dari linux ubuntu 14.04 ini adalah drive-drive yang otomatis suport.
Untuk mengeceknya adalah dengan membuak software & update pilih additional driver. Jika ada drive yang belum terinstal teman-teman install, jika sudah dan tidak ada pemberitahuan berarti langsung saja menuju langkah kedua.



Langkah kedua yang harus dilakukan adalah mengupdate dan mengupgrade, ini dimaksutkan untuk perbaikan keamanan, perbaikan stabilitas, meperbaharui driver, update fitur baru kernel, meningkatkan kecepatan pada linux. Cara mengupdate dan mengupgrade itu mudah teman-teman, disini saya share update dan upgrade menggunakan terminal,. Buka terminal atau bisa tekan dengan keyboard ctrl+alt+T, lalu ketikan sudo apt-get update lalu masukan password teman-teman seperti gambar dibawah ini. Lalu tekan enter dan tunggu prosesnya sampai selesai.



Jika update sudah selesai sekarang giliran mengupgrade, fungsinya sama dan caranya pun sama yaitu dengan membuka terminal atau tekan pada keyboard ctrl+alt+T lalu ketikan sudo apt-get upgrade seperti gambar dibawah ini. Dan tunggu prosesnya sampai selesai



Langkah ke tiga temen-temen install packet rar, java dan rar, dengan cara buka terminal dan ketikan perintah berikut. sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras seperti gambar dibawah dibawah ini.



Langkah keempat adalah instal aplikasi penting seperti vlc, dll, langkah ini culup menggunakan gui teman-teman buka ubuntu software center dan ketikan vlc atau aplikasi lain yang mau diinstall dan pilih softwarenya lalu install.


Sekarang ubuntu anda siap untuk digunakan.
Mungkin sekian dulu postingan saya kali ini, terimakasih telah berkunjung. Silahkan lihat postingan saya yang lain. Sertakan koment jika ada yang mau menambahkan atau bertanya.

sumber
http://musaamin.web.id

Post a Comment