Belajar menggunakan tag paragraf pada html.


pada semester 1 periode ke 2 saya mempelajari matakuliah web design, yang saya pelajari ya bahasa pemograman html. Untuk memahami dasar dari html mungkin bisa baca postingan saya sebelumnya tentang belajar html itu menyenangkan.
Nah untuk postingan saya sekarang akan saya bahas tentang bagaimana mempelajari tag paragraf pada html. Didunia web paragraf pasti digunakan. Nah bagaimana si cara kerja html, ko bisa web browser membaca atau menampilkan tulisan, menampilkan suatu paragraf di web browser. Itu semua karena pengaruh dari tag-tag dalam bahasa pemograman html. Untuk mengetahui cara kerja tag html pada browser silahkan baca postingan saya yang berjudul belajar html itu menyenankan.
Tag-tag yang kali ini saya posting atau yang saya share sekarang adalah tag untuk menampilkan paragraf yaitu tag <p></p>. didalam tag ini kita bisa mengatur paragraf disebelah kiri (align left), disebelah kanan (align right), di tengah (align center), atau peragraf rata kanan dan rata kiri (justify).
Nah sekarang langsung kita mulai. Membuat suatu paragraf dengan html. Pertama-tama kita buat dulu sebuah folder dengan nama latihan 1, simpan dimana saja yang kalian suka. Buka notepad atau text editor lainya kalo ditutorial ini saya menggunakan os linux dan text editornya menggunakan geany. Buka dan ketikan tag-tag dibawah ini..!



<html>
<head><title>percobaan tag paragraf</title></head>
<body>
<p align="left"><b>Teks ini berada di kiri</p>
<p align="center">Teks ini berada di tengah</p>
<p align="right">Teks ini berada di kanan</b></p>
<p align="justify">Paragraph ini bertipe justify. Dimana semua teks akan dibuat
lurus sama dengan batas tepi halaman. Oh ya, tag &lt;p&gt;&lt;/p&gt; merupakan
default atau bentuk baku tag &lt;p&gt;&lt;/p&gt; dimana teks atau paragraf akan
berformat rata kiri. Jika anda tidak memberi atribut <i>align</i> pada tag
&lt;p&gt; maka browser akan menganggap rata kiri.</p>
</body>
</html>
atau seperti gambar dibawah




saya jelaskan terlebih dahulu untuk tag tag diatas.
Tag <p align=”left”> tag ini tag paragraf untuk mengubah posisi paragraf menjadi disebelah kiri.
Tag <p align=”center”> tag ini tag paragraf untuk mengubah posisi paragraf menjadi ditengah.
Tag <p align=”right”> tag ini tag paragraf untuk mengubah posisi paragraf menjadi di sebelah kanan.
Tag <p align=”justify”> tag ini tag peragraf untuk mengubah posisi paragraf menjadi rata kanan dan rata kiri
dan stiap tag <P> akan di tutup tag </p>.
tag <b></b> untuk membuat tulisan tebal atau bold.
simpan di folder latihan 1 tadi dengan nama latihan.html, jangan lupa formatnya <dot>html. Buka file tersebut klik 2 kali dan tampilnya seperti gambar dibawah ini.



sekarang anda sudah mempelajari tag pargraf pada html. Mudah kan.... untuk mendalami sintag – sintag html lihat postingan saya yang lainya.
Oke sekian dulu. Tetap belajar dan belajar yah tetap semangat dan berjuang untuk indonesia yang lebih baik.



sumber
sumber banyak saya dapatkan dari materi kuliah saya



untuk sumber dari internet
www.rahasia-webmaster.com
http://www.direktoriweblog.com



Post a Comment