KULIAH 2 PENGANTAR ILMU EKONOMI MEMBAHAS TENTANG PERMINTAAN DAN PENAWARAN.



Kuliah kali ini membahas tentang permintaan dan penawaran. Dalam bahasan kali ini membahas pengertian harga, pengertian permintaan dan hokum permintaan , pengertian penawaran dan hukm penawaran, pengertian keseimbangan pasar.

Nah langsung saja kita bahas apa itu harga, apa itu permintan, dan apa itu penawaran.

    Harga adalah satuan nilai yang diberikan pada suatu komoditi sebagai informasi kontraprestasi dari produsen/pemilik komoditi

    Permintaan adalah : keseluruhan jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu :

    Penawaran adalah : Keseluruhan jumlah barang yang ditawarkan pada suatu pasar tertentu:

Factor yang mempengaruhi permintaan.

    harga barang yang dimaksud

artinya jika harga barang yang dimaksud atau harga barang yang diminta harganya terjangkau atau lebih murah mungkin akan mempengaruhi permintaan.

    pendapatan

Artinya jika rata-rata pendapatan tinggi atau rendah diwilayah tertentu akan mempengaruhi permintaan, contoh kita jualan di pasar jum’at yang dekat sama suatu perusahaan atau pabrik atau lain2. Nah jika tanggal muda atau tanggal-tanggal gajian permintaan menigkat, dan tanggal tua permintaan menurun. Jadi pendapatan juga mempengaruhi perminaan.

    Jumlah populasi/penduduk.

Artinya jika penduduk banyak maka permintaanpun banyak. Contoh kita kita jualan di suatu kampus atau sekolahan. Jika kampus atau sekolahan itu mahasiswa atau siswa banyak pasti banyak juga permintaan, begitu pula sebaliknya kita berjualan di suatu sekolahan atau kampus jika siswa atau mahasiswanya sedikit maka sedikit pula permintanya.

    Estimasi/perkiraan/ramalan.

Artinya kita memprediksi atau mengira-ngira permintaan, jadi ini belum tentu kebenaranya. Contoh harga suatu gedung kita beli dengan harga Rp. 1M terus beberapa tahun kemudian akankah harganya sama atau pemintaan untuk gedung tersebut masih banyak,. Mungkin harganya akan menyusut atau permintaan berkurang dikarnakan gedung sudah tua.

    Selera

selera manusia itu berbeda-beda, artinya permintaan manusia itu juga berbeda-beda . contohnya begini, mengapa di diller permintaan suatu motor di daerah-daerah tertentu berbeda-beda permintaanya, di jakarata selatan banyak yang beli Yamaha, di Jakarta barat Honda jadi selera pun mempengaruhi factor permintaan.

Factor yang mempengaruhi penawaran.

Yang mempengeruhi penawaran adalah sebagai berikut.

    Biaya input.

Biaya input ini berarti modal. Biaya yang kita keluarkan sebelum kita menawarkan suatu produck atau barang. Contoh kita menjual kue, sebelum kita membuat kue kita pasti membeli bahan baku yang dibutuhkan dan barang lain untuk membuat kue tersebut. Nah dana tersebut bisa mempengaruhi penawaran harga kue tersebut.

    Teknologi

Teknologi mempengaruhi suatu penawaran. Contoh kita membuat suatu lestoran atau tempat tongkrongan. Kita membuat fasilitas wiffi atau hotspot dan otomatis harga yang kita tawaran untuk makanan di lestoran atau tempat tongkrongan tadi lebih mahal.

    Harga barang lain

Harga barang lain ini sama seperti biaya input tadi, jadi harga barang yang menunjang jadinya produck tertentu.

    Peraturan pemerintah

Peraturan pemerintah juga mempengaruhi penawaran. Contoh bahan bakar minyak (BBM) di indonesia naik, maka akan mempengaruhi penawaran harga-harga yang lain seperti bahan pokok dll.

    Tujuan perusahaan

Jadi penawaran ini pasti dari tujuan perusahaan, semua perusahaan pasti bertujuan menawarkan produck, jasa dan harga dari produck tersebut serta biaya dari jasa tersebut.

    Cuaca

Cuaca mempengaruhi penawaran, contoh jika musim hujan pasti kita menawarkan produk yang menghangatkan. Begitu pula sebaliknya jika musim panas kita menawarkan produk yang menyegarkan.

    Lingkungan

Lingkungan juga mempengaruhi penawaran. Contoh kita membeli sebuah lapak untuk jualan pecel lele didaerah yang dekat perumahan elit, tentu harganya berbeda karna lingkungannya orang-orang kaya. Dan hal ini juga mempengaruhi penawaran harga pecel lele yang kita jual tersebut.

Efek mode, gengsi, pamer.

    Efek mode (ikut arus) pada permintaan :

Bila harga terus turun atau naik pada titik terendah dan tertinggi maka konsumen tidak terpengaruh lagi dengan kondisi pasar.

    Efek gengsi (snob effect) pada permintaan

Efek ini akan mengurangi pembelian bila harga turun, karena menganggap bahwa barang menjadi barang murahan

    Efek pamer (vablen effect) pada permintaan

budaya guna mendapatkan status dari lingkungannya, sehingga setiap memiliki kesempatan konsumen akan selalu meningkatkan konsumsinya.

Surplus konsumen & Produsen

    Surplus Konsumen --> Keuntungan yang diterima konsumen/pembeli dari keikutsertaannya di pasar

    Surplus Produsen --> Keuntungan yang diterima penjual/produsen atas keikutsertaannya di pasar

Surplus Konsumen = nilai barang bagi pembeli - harga yang dibayarkan pembeli.

Surplus Produsen = jumlah yang diterima penjual - biaya produksi yang dipikul penjual.

Subsidi

    Subsidi adalah suatu bentuk bantuan keuangan yang biasanya dibayar oleh pemerintah, dengan tujuan untuk menjaga stabilitas harga-harga, atau untuk mempertahankan eksistensi kegiatan bisnis, atau untuk mendorong berbagai kegiatan ekonomi pada umumnya

Elastisitas

    Elastisitas adalah perbandingan perubahan proporsional dari sebuah variabel dengan perubahan variable lainnya

    Elastisitas penawaran didefinisikan sebagai ukuran kepekaan jumlah penawaran suatu barang dengan harga barang itu sendiri

    Elastisitas permintaan mengukur seberapa besar kepekaan perubahan jumlah permintaan barang terhadap perubahan harga

Faktor penentu elastisitas permintaan

Tingkat kemampuan barang-barang lain untuk mengganti barang yang bersangkutan

- Persentase pendapatan yang akan dibelanjakan untuk membeli barang tersebut.

- Jangka waktu di mana permintaan itu dianalisa.


Post a Comment