Program menentukan tahun kabisat menggunakan php



Latar belakang 
Tahun kabisat adalah tahun dimana jumlah hari di bulan februari ditahun tersebut adalah lebih dari 28 hari. Pada umumnya datang 4 tahun sekali, dan jumlah hari di bulan februari ditahun kabisat biasanya berjumlah 29 hari. Algoritma dalam pembuatan program ini sering di ajarkan dosen atau guru kepada mahasiswa atau muridnya. Algoritma dalam pemograman ini juga sering dijadikan tugas untuk para mahasiswa atau murid murid di instansi pendidikan.

Tujuan
Tujuan penulis membuat tuisan ini adalah semata - mata ingin berbagi dan mencari ridha allah. Penulis berharap artikel ini dapat membantu dalam pembelajaran dan menjadi referensi  untuk anda yang mungkin sekarang sedang belajar pemograman php.

Study kasus
Sekarang kita akan mencoba membuat program menentukan tahun kabisat atau tidak.
Langkah langkah dalam membuat program
Siapkan teks editor kesayangan anda (notepad, notepad++, geany, gedit, nano, vi, dll).
Tuliskan script php dibawah ini.

<?php
$tahun = date ("Y");
$kabisat = ($tahun%4 == 0) ? "KABISAT" : "BUKAN KABISAT";
echo "tahun <b>$tahun</b> $kabisat";
?>

3. Simpan dengan nama latihan.php selanjutnya simpan pada  directory C:\xampp\htdocs (jika menggunakan sistem operasi window), root/var/www (jika di sistem operasi linux).
4. Buka web browser kesayangan anda. Lalu ketikan localhost/latihan.php jika berhasil tampilannya seperti dibawah ini.


Penjelasan program
Pada program di atas, fungsi date() dengan parameter “Y” (baris ke-2) akan menghasilkan 4 digit tahun sekarang. Pada baris ke-3 akan diperiksa apakah isi variabel $tahun jika dimodulus dengan 4 akan menghasilkan nilai 0. Jika TRUE maka $kabisat akan berisi “KABISAT” dan jika FALSE $kabisat akan berisi “BUKAN KABISAT”.

Penutup
Mungkin masih banyak kesalahan dalam artikel ini, penulis meminta maaf yang sebesar besarnya jika ada kesalahan  kata atau kalimat yang penulis sampaikan di artikel ini. Penulis juga berharap pengunjung blog dum17 ini berkenan untuk berkomentar di form komentar blog dum17 ini, agar admin dari blog dum17 ini bisa mengerti letak kesalahan atau kekurangan blog dum17 ini dan segera di perbaiki. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian terimakasih.

Teguh dumadi
Jl. Lettunapis 01 Rt/Rw 003/004 sudimara timur, ciledug, tangerang,banten.
Teguhdumadi17@gmail.com
teguhdumkom@gmail.com
089629551961
7CA0C2C4



Post a Comment