penggunaan switch case dalam pemograman php


Latar belakang
Dalam pemograman, penggunaan switch case ini sangat sering digunakan. Dalam pemograman web biasanya programer web atau web development menggunakan struktur switch case ini dihalaman isi yang biasanya sudah di include di halaman index atau home. Tujuannya untuk mempersingkat code atau sintag yang digunakan. Selain itu, yang melatar belakangi penulis membuat artikel ini adalah banyaknya tugas tugas perkuliahan yang membutuhkan referensi tentang pemograman php.

Tujuan
Tujuan penulis memposting artikel ini adalah semata-mata ingin berbagi kepada sesama dalam  mencari ridha allah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita yang ingin belajar php khususnya, Dan artikel ini menjadi referensi dalam pembelajaran yang bermanfaat.

Study kasus
Sekarang kita akan mencoba membuat program dalam menentukan nama hari. Program ini juga biasa dipakai programer didalam mempercantik tampilan web.

Yang harus dilakukan adalah
Mempersiapkan text editor kesayangan anda (notepad, notepad++, geany, nano, gedit, dll.)
Ketikan program dibawah ini. Diusahakan jangan mengcoppas.

<?php
$day = date ("D");
switch ($day) {
case 'Sun' : $hari = "minggu";
break;
case 'Mon' : $hari = "senin";
break;
case 'Tue' : $hari = "selasa";
break;
case 'Wed' : $hari = "rabu";
break;
case 'Thu' : $hari = "kamis";
break;
case 'Fri' : $hari = "jum'at";
break;
case 'Sat' : $hari = "sabtu";
break;
default : $hari = "kiamat";
}
echo " <h1>hari ini hari $hari</h1>";
?>

Simpan dengan nama latihan.php selanjutnya simpan pada  directory C:\xampp\htdocs (jika menggunakan sistem operasi window), root/var/www (jika di sistem operasi linux).
Buka web browser kesayangan anda. Lalu ketikan localhost/latihan.php jika berhasil tampilannya seperti dibawah ini.


Penjelasan 
Fungsi date() menghasilkan tanggal pada komputer kita, pada fungsi date kita. Variable $day akan menghasilkan tiga digit pertama nama hari dalam bahasa inggris. Kemudian isi variable $day akan akan diperikas oleh switch. Jika variable $day adalah “Sun” maka variable $hari berisi “minggu”  dan program akan break (berhenti), jika variable $day adalah “Mon” maka variable $hari akan berisi “senin”, begitupun seterusnya. Kebetulan dalam contoh diatas penulis membuat program pada hari kamis jadi variable $day otomatis berisi “Thu” dan dan variable $day diperikasa switch karena variable $day berisi “Thu” maka variable $hari berisi KAMIS, dan perintah echo pun bekerja dengan mencetak document ke web browser.

Penutup
Sekian artikel dari saya, mungkin masih banyak kesalahan dalam penataan kata atau kalimat, mungkin masih banyak kesalahan dalam pengejaan. Sekali lagi Penulis memohon maaf jika masih ada kesalahan dari artikel ini. Kami berharap artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi pembelajaran. Kami juga berharap untuk menyertakan kritik dan saran di form komentar untuk kemajuan blog dum17 ini.


Teguh Dumadi
Jl. Lettunapis 01 Rt/Rw 003/004 sudimara timur, ciledug, tangerang, banten.
Teguhdumadi17@gmail.com
teguhdumkom@gmail.com
089629551961
7CA0C2C4



Post a Comment