pengertian APACHE HTTP Server




Server HTTP Apache atau server web/www Apache adalah server web yang dapat dijalankan dibanyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows, Novell Netwae, serta platform lainya) yang berguna untuk melayani dan menfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan http. Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigurasi, autentikasi berbasis data, dan lain lain. Apache juga didukiung sejumlah antar muka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penangan server menjadi mudah.

Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation. Pada awal mulanya, Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka yang menjadi alternatif dari serverweb netscape (sekarang dikenal sebagai sun Java System web server). Sejak april 1996 Apache menjadi server terpopuler diinternet. Pada Mei 1999, Apache digunakan di 57% dari semua web server di dunia, pada november 2005, persentase ini naik menjadi 71%.(sumber : netcraft Web Server Survey, november 2005). Asal mula nama apache berasal ketika sebuah server web populer yang dikembangkan pada awal 1995 yang bernama NCSA HTTPd 1.3 memiliki sejumlah perubahan besar terhadap code sumbernya (patch).

Saking banyaknya patch pada perangkat lunak tersebut sehingga disebut sebagai server yang memiliki banyak patch (“a patchy” server), tetapi pada halaman FAQ situs web resminya, disebutkan bahwa “Apache” dipilih untuk menghormati suku asli indian Amarika Apache (inde), yang dikenala karena keahlian dan strategi perangnya. Versi 2 Apache ditulis dari awal tanpa mengandung kode sumber dari NCSA.

Apache adalah komponen server web dari paket perangkat lunak LAMP(linux, Apache, Mysql, PHP/PERL/bahasa pemograman pyhon). Menurut statistik dari netcraft, apache merupakan server web yang paling banyak digunakan didunia per 2005. Microsoft internet information servise (IIS) merupakan komputitor utama apache, diikuti oleh sun java web server dari sun microsystem.

Post a Comment