KONSEP PEMOGRAMAN DALAM JAVA





Pemograman java menggunakan konsep Pemograman Berorientasi Obyek (PBO) atau Obejct Oriented Programing (OOP). Semua program java merupakan suatu obyek. Dasar -dasar OOP meliputi istilah berikut ini:

- Class
- Objeck
- Attribut
- Method

Secara umum OOP adalah teknik yang memfokuskan design program pada obyek dan class bedasarkan pada sekenario di dunia nyata. Sebagai contoh, misalkan mobil. Sebuah mobil secara umum tentunya memiliki beberapa karakteristik, yaitu misalnya memiliki sejumlah roda, memiliki warna, memiliki beberapa pintu dan sebagainya. Selanjutnya mobil ini terdapat berbagai macam merek. Misalnya mobil suzuki ertiga, toyota avanza, dan sebagainya. Sebuah mobil tentunya bisa dijalankan, baik maju maupun mundur atau dihentikan. Dalam OOP, mobil tersebut identik dengan class, mobil suzuki ertiga, avanza dan lain-lain.itu merupakan objeck. Jumlah roda, warna mobil, jumlah tempat duduk identik dengan atribut dari suatu objeck, seta proses untuk mengendalikan mobil(maju, mundur, dan berhenti) itu dalam OOP identik dengan method dari objeck.

Manfaat dari pemograman yang menggunakan teknik OOP ini adalah kebebasan pengembangan, meningkatkan kualitas mempermudah pemmeliharaan mempertinggi kemampuan dalam modifikasi meningkatkan penggunaan kembali software.

CLASS
Class adalah model dari suatu objeck yang menejelaskan karakterristik (sifat) serta fungsi dari suatu objeck. Class merupakan tempat atau wadah yang digunakan untuk meciptakan suatu objeck. Dengan kata lain sebuah class merupakan sebuah blueprint dari sebuah objeck.

Berikut ini adalah aturan pembuatan class dalam java.



Aturan pemberian nama class

- dimulai dengan huruf, atau tanda _ atau tanda $.
- tidak boleh menggunakan reseved word dalam java.
- tidak boleh memuat operator aritmatika.
- Bersifat case sensitive.

Oleh karena itu, jika diperhatikan ketika membuat projeck baru, maka secara otomatis akan dibuat class sesuai nama projecknya. Misalkan anda membuat projeck baru dengan nama “projeck1”, maka secara otomatis akan dibuat class dengan nama “projeck1”.


Dalam sebuah projeck, kita dapat membuat class sesuai kebutuhan.

Atribut.
Atribut adalah element data dari suatu class. Atribut menyimpan informasi tentang class. Atribut dapat diartikan sebagai data, variable, properti atau sebuah field.

Method.
Method adalah sebuah function atau fungsi yang ada dalam suatu class. Setiap method memiliki tugas sendiri. Didalam java ada 2 jenis method yaitu void dan non void method. Method void adalah method yang tidak mengembalikan nilai, sedangkan method non void adalah method yang mengembalikan nilai.

Jika kita perhatikan dalam membuat prjeck baru misalnya “projeck1”, maka akan didalam projeck1 ini akan dibuat pula method dengan nama main().



Method main() dalam suatu class menunjukan method tersebut adalah method utama yang akan dijalankan pertama kali ketika program java dijalankan. Khusus method main(), perlu diberikan ‘static’ setelah modifiernya.

Pada suatu class, kita bisa membuat method berapapun semau kita.

Perlu diingat juga didalam java , beberapa class itu bisa digabung atau disimpan menjadi satu dalam sebuah packet atau package jika diperlukan, hal ini dimaksutkan untuk memudahkan untuk pengelolaan class saja.


Post a Comment