membuat koneksi database php mysql


kali ini saya akan share bagaimana cara membuat koneksi database mysql menggunakan bahasa pemograman php. dalam  pembuatan web koneksi kedatabase adalah hal yang wajib menurut saya, karena setiap membuat apapun dalam dunia web atau php itu selalu dikonfigurasi dengan database.
untuk hal ini saya menggunakan database mysql.

mungkin langsung saja.
pertama kita buat database terlebih dahulu, kita masuk ke php myadmin.
1. create new database. (beri nama database belajar1).

2. setelah kita bikin sebuah database mungkin kita sementara tidak usah diberi valuenya. kita langsung mengcoding, buka notepad (saya menggunakan notepad++)
tuliskan kode berikut.

<?php
$host='localhost';
$user='root';
$pass=''; $db='belajar1';
$koneksi=mysql_connect($host, $user, $pass); $database=mysql_select_db($db,$koneksi); if(database)
 {  echo "koneksi berhasil";
 } else
echo "koneksi gagal"; }
 ?>
simpan dilocalhost anda, biasanya ada di direktory C:/xampp/apache/
 jalankan programnya, jika berhasil terkoneksi akan ada tampilan "koneksi berhasil", jika koneksi gagal maka akan ada tampilan koneksi gagal.

untuk lebih jelasnya silahkan lihat video dibawah.
  
 


oke sekian tutorial dari saya tentang membuat koneksi database php mysql semoga bermanfaat.

terimakasih

teguh dumadi

Post a Comment