Teknik pengambilan data dengan metode pengambilan sample




* Pengambilan sampel ( sampling ) adalah pemilihan sejumlah item tertentu dari seluruh item yang ada dengan tujuan mempelajari sebagian item tersebut untuk mewakili seluruh itemnya.
* Sebagian item yang dipilih disebut sampel-sampel ( samples ). Sedang seluruh item yang ada disebut populasi ( population ).

Cara pengambilan sampel:

Pengambilan sampel secara keputusan ( judgemental sampling ) Adalah penentuan sampel dan pemilihan masing-masing item sampelnya diambil dengan dasar keputusan yang masuk akal menurut si pengambil sampel. Di judgemental sampling, pengetahuan atau opini dan pengalaman si pengambil sampel digunakan untuk menentukan item-item sampel yang akan dipilih dari populasi.

2. Pengambilan sampel secara statistik ( statistical sampling ) Pengambilan sampel didasarkan secara random, sehingga semua item- item di populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih sebagai sampel. Karena di pengambilan sampel secara statistik, item-item sampel dipilih
secara random, maka disebut juga pengambilan sampel secara random ( random sampling ) dan karena semua item-item di populasi mempunyai kesempatan (probabilitas) yang sama untuk terpilih menjadi item sampel, maka disebut juga dengan pengambilan sampel secara probabilitas ( probability sampling ).

Post a Comment