Menginstall java compiler di linux ubuntu




Banyak orang yang mengeluhkan bahwa menggunakan linux itu susah, susah ini susah itu pokoknya serba susah. ada juga yang bilang menggunakan linux itu susah untuk belajar pemograman java, karena gak ada kompilernya. Semua itu salah, mari kita ganti kata susah itu menjadi gampang. Karena didunia ini gak ada yang sulit kalau kita mau berusaha. Hehehehe (sok bijak).

Pada postingan kali ini saya akan share bagaimana cara menginstall compiler java di linux ubuntu. Disini saya menggunakana linux ubuntu 14.04. Langsung saja ke pokok permasalahan.

Buka terminal jalankan perintah dibawah ini.

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java
sudo apt-get update
sudo apt-get install oracle-java7-installer 

Atau

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java
sudo apt-get update
sudo apt-get install oracle-java8-installer

Temen-temen bebas menentukan pilihan, yang mana aja boleh. hehehehe

Setelah sudah terinstal, temen-temen cek atau periksa versi dari java compiler tersebut. Dengan cara  jalankan perintah dibawah ini pada terminal linux temen-temen.

java -version

atau

javac -version

Yang ini juga bebas, pilih yang mana aja boleh,,hehehehe

jika versi dari java itu bisa dijalankan berati penginstallan berhasil, tapi jika masih error berati masih ada kendala yang harus di perbaiki. Sepengalaman saya si cukup untuk memperbaiki error cukup menjalankan sepenggal perintah sibawah.

sudo update-java-alternatives -s java-8-oracle

atau

sudo update-java-alternatives -s java-7-oracle

jika sudah coba temen-temen jalankan perintah untuk melihat versi dari java compiler. Dan dijamin pasti bisa.
Jika sudah bisa berati temen-temen tinggal mengcoding semua projeck temen-temen di linux deeehhhh. Mudah kan, jika temen-temen belum bisa bagaimana mengcompilenya temen-temen bisa lihat postingan saya yang lain,.
Untuk temen-temen yang sedang belajar pemograman, ikuti saja terus blog saya ini karena saya juga sedang belajar pemograman, baik pemograman java, bahasa C, C++.dll pasti akan sering saya posting disini.

Terimakasih sudah berkunjung, jika ada yang mau bertanya atau menambahkan silahkan untuk  koment.

Post a Comment