MEMODIFIKASI TEKS DI HTML DAN DASAR HTML


Gambar 1
Dipostingan saya sebelumnya membahas apa itu html, dan sekarang saya akan share bagaimana cara penulisan sintag html beserta bagaimana memodifikasi teks.
Seperti halnya motor, Teks akan indah bila kita modifikasi baik bentuk ukuran dan warna. Jadi bukan hanya motor yang bisa dimodifikasi, tapi teks di web browser pun bisa kita modifikasi agar lebih indah. Dan memodifikasinya ya menggunakan tag tag html.
Mungkin sekarang yang saya bahas mengenai modifikasi bentuk, untuk warna mungkin temen-temen bisa baca di postingan saya yang berjudul belar tag <font> di html.
Jenis-jenis bentuk teks
ada banyak jenis bentuk yang bisa kita buat, seperti besar, kecil, tebal, miring, garis bawah, dll. Di postingan saya yang berjudul belajar html itu menyenangkan sudah saya bahas mengenai jenis-jenis bentuk teks.
LATIHAN.
Untuk lebih memahami dari sintag sintag untuk memodifikasi teks alangkah baiknya jika kita langsung saja latihan.
Buka teks editor andalan temen-temen, bisa menggunakan notepad, notepad++, geany, dll.
Disini saya menggukan teks editor geany, sama saja dengan notepad dll, karena sama-sama teks editor.
Setelah terbuka teks editor andalan temen-temen, temen-temen langsung saja ketikan sintag-sintag berikut, harus dan wajib diketik yah jangan di copas. Karena untuk menjadi programer yang handal dan profesional harus di biasakan untuk mengcoding, dan anti yang namanya copas atau copy paste.hehehe



<html>
<head><title>belajr memodifikasi teks</title></head>
<body>
<h1>heading 1<h1>
<h2>heading 2<h2>
<h3>heading 3<h3>
<h4>heading 4</h4>
<h5>heading 5</h5>
<h6>heading 5</h5>
<b> ini teks tebal</b><br>
<i>ini teks miring</i><br>
<u>ini teks bergaris bawah</u><br>
<sub>sub</sub>script<br>
<sup>super</sup>script<br>
garis bawah <hr>



</body>
</html>
atau seperti gambar beriktut.



jika sudah di ketik, simpan, namanya bebas, dan jangan lupa extentionya *.html atau <dot>html seperti gambar di bawah ini.




dab bukalah dengan mengklik dua kali file html tadi, dan jadilah seperti ini.



penjelasan untuk setiap sintagnya.
Tag <html> </html> : tag ini adalah tag untuk menyatakan bahwa ini adalah document html. sintag ini wajib disertakan dalam penulisan sintag sintag html. Wajib disertakan paling awal atau sebagai pembuka seperti ini <html> dan ditutup di paling akhir dengan sintag penutup html atau </html>. Karna web browser hanya bisa membaca sintag yang berada di dalam tag <html> dan ditutup tag </html>.
Tag <head></head> : memberikan informasi tentang document html itu sendiri, biasanya terletak di atas dibawah tag <html> dan di. Atas tag <body>.
Tag <body></body> : menyimpan semua sintag atau informasi yang akan ditampilkan oleh document html ke web browser. Biasanya sintag ini terletak di di bawah sintag <head></head> dan masih didalam sintag <html></html>.
Tag <title></title> : tag <title> bukanlah bagian dari teks document, dan hanya berada di dalam sintag <head></head>. Tag <title></title> biasanya untuk membuat judul dari document web. Dan biasnya ditampilkan di bagian title bar pada browser web, dan biasnya juga berfungsi sebagai label dari jendela browser.
Tag <h1></h1> : Html menyediakan 6 (enam) macam tag yang digunakan untuk mengatur ukuran teks yang biasanya digunakan untuk judul didalam badan document web. Sintagnya biasa di sebut heading <h>. Ada beberapa jenis sintag heading yang berbeda beda, perbedaan sintag heading menunjukan perbedaan ukuran akan teks yang akan ditampilkan. Contoh sintag heading <h1></h1>, <h2></h2>,<h3></h3>,<h4></h4>,<h5></h5>, <h6></h6>. Untuk lebih jelasnya temen-temen lihat contoh script yang temen-temen ketik tadi dan lihat hasilnya.
Tag <b></b> : sintag <b></b> adalah sintag yang berfungsi untuk memodifikasi teks menjadi teks tebal. Seperti halnya dalam menulis di microssoft word, di aplikasi pengolah kata seperti microsoft word ada yang namanya icon bold yaitu icon yang berfungsi untuk membuat atau mengubah tulisan menjadi tebal. Sama seperti itu, sintag <b></b> berfungsi sama hanya sintag <b> itu digunakan untuk menampilkan di document web atau web browser.
Tag <i></i> : sintag <i></i> adalah sintag yang berfungsi untuk memodifikasi teks menjadi teks miring.
Tag <u></u> : sintag <u></u> adalah sintag yang berfungsi untuk memodifikasi teks menjadi teks yang bergaris bawah, semua teks yang berada didalam tag <u>..</u> teks tersebut akan tergaris bawahnya.
Tag <sub></sub> : sintag <sub></sub> ini untuk mengubah atau memodifikasi teks berubah menjadi kecil dan berada di bawah.
Tag <sup></sup> : sintag <sup></sup> ini untuk mengubah atau memodifikasi teks berubah menjadi kecil dan berada di atas.
Tag <hr> : sintag <hr> digunakan untuk membuat garis bawah.
Tag <br> : sintag <br> digunakan untuk memindahkan ke baris di bawahnya.
Nah bagaimana enak juga kan belajar sintag html,. Untuk lebih luas lagi pengetahuan temen-temen tentang sintag-sintag html, temen -temen bisa lihat postingan saya yang lain tentang html. Atau temen temen bisa cari referensi lain di mbah google.
Teman – teman mungki sekian postingan saya kali ini, jika ada kesalahan saya dalam merangkai kata atau dalam penulisannya, saya mohon maaf.
Tetap belajar dan berjuang, yang pasti jangan menyerah untuk indonesia yang lebih baik.



Sumber
sumber saya dapatkan dari materi kuliah saya
internet
www.rahasia-webmaster.com
http://www.direktoriweblog.com

Post a Comment