cara membuat captcha sederhana dengan php fungsi session



saya telah memposting tentang pengertian captcha dan fungsi captcha, kali ini saya akan share bagaimana cara membuat captcha sederhana dengan php fungsi session, kenapa saya namakan judul seperti itu karena saya mempunyai versi yang lain yang mungkin agak berbeda dari script dan konsepnya tetapi mempunyai fungsi yang sama yang saya share di youtube serta blog saya ini.

untuk membuat captcha scriptnya adalah seperti ini.

<?php
session_start();
?>
<html>
<head>
<title>Belajar Membuat Captcha</title>
</head>
<body align="center">
<h1>Membuat Captcha Dengan Fungsi Random</h1>
<?php
if($_POST["kode"]==$_SESSION["kode"])
{
echo "<div style='background:yellow; color:red; padding:12px;display:inline-block;'>
Kode Yang Dimasukan Benar </div>";
}else {
echo "<div style='background:yellow; color:red; padding:12px;display:inline-block;'>
Kode Yang Dimasukan Salah Atau Masih Kosong</div>";
}
$_SESSION["kode"]=rand(11111,99999);
?>
<form action="" method="POST">
<div style="font:200% georgia; background:green; color:orange; padding:20px; display:inline-block;">
<?php echo $_SESSION["kode"] ?></div>
Masukan Kode <input type="text" name="kode">
<input type="submit" name="tombol" value="kirim">
</form>
</body>
</html>

dan hasil dari script diatas  seperti dibawah ini


jika kurang jelas dan mau belajar, silahkan lihat video pembuatan captcha sederhana dengan php fungsi session dari awal sampai akhir, monggo ditonton videonya, pelajari dan dicoba agar lebih paham.




jika ingin melihat demo dari program cara membuat captcha sederhana dengan php fungsi session silahkan klik link disini.
jika ingin download script program cara membuat captcha sederhana dengan php fungsi session silahkan klik link download script


saya teguh dumadi, semoga bermanfaat.

sumber
www.asastudio.org



1 comments:

Makasih gan artikelnya sanggat membantu
Mampir juga ke blog ane
Membuat Captcha Sederhana Dengan PHPr

Reply

Post a Comment